Untuk menjadi bek yang hebat, beberapa faktor yang harus terpenuhi. Ada yang faktor internal seperti skill, postur tubuh dan ada yang dari faktor eksternal seperti sepatu, jersey. Tetapi yang paling mempengaruhi adalah skill dari seorang bek. Maka dari itu, Soccer Blog akan memberikan tips untuk mejadi bek hebat.




1. Jagalah Pemain Lawan Dengan Ketat
Tips ini adalah tips dasar untuk menjadi bek hebat. Kita harus bisa menjaga pemain penyerang lawan dengan ketat, agar ia tidak memiliki kesempatan untuk melakukan shoot ke gawang. Jika kita gagal mejaga pemain lawan, maka akan ada peluang besar yang mungkin dapat menjebol gawang tim kita. Seperti pada saat tendangan pojok atau saat tendangan bebas, kita harus menjaga dengan ketat pemain lawan.











2. Jangan Ragu Menggunakan Skill
Maksud dari tips ini adalah jangan ragu untuk menggunakan skill menggocek seperti penyerang dalam menjadi bek. Bila dalam keadaan terpaksa, kita boleh saja menggunakan tips ini. Tetapi jangan terlalu sering, karena dapat beresiko tinggi dapat direbut bola oleh pemain lawan. Skill yang biasa digunakan adalah Back Heel untuk membuang bola jika terjadi kemelut di depan gawang. Jika kita menjawi Wing Back yang sering membantu penyerangan, kita sangat membutuhkan skill ini untuk mengecoh pemain lawan.












3. Jangan Terlalu Mengambil Resiko
Sebagai bek, kita tidak boleh mengambil resiko dengan membawa bola sendiri tanpa mengoper ke teman. Hal ini diperlukan karena jika kita membawa bola sendiri dan dalam keadaan terdesak, bola kemungkinan besar dapat direbut oleh lawan. Lalu, sebaiknya jika bola terlalu kecang, biarkan saja keluar lapangan atau jika bolanya bergerak pelan, segera tendang sekeras - kerasnya bola itu ke depan.(Tetapi jangan kehilangan kontrol dan menendang ke luar lapangan)






4. Gunakanlah Sedikit Trik yang Biasa Digunakan Seorang Bek
Kita boleh menggunakan sedikit trik seperti menarik baju dan mendorong selama masih berada di luar kotak penalti. Tetapi, jika pemain lawan sudah di depan dan tinggal berhadapan dengan kiper, kita tidak boleh mekakukan pelanggaran karena berpotensi kartu merah. Jika terjadi kejadian seperti itu, sebaiknya kita menyerobot dan mendang bola yang dibawa oleh pemain itu. Selama kita hanya menendang bola dan tidak menendang kaki atau bagian tuhun lain lawan, itu bukan merupakan sebuah pelanggaran walaupun pemain itu terjatuh.
Share |

Comments

4 responses to "Cara Menjadi Bek Hebat"

  1. kukuh On 12 Oktober 2011 12.19

    tankz atas artikelnya....terutama bagi saya pribadi sangat membantu tuk belajar menjadi seorang pelatih bola.ni semua demi memajukan persepakbolaan indonesia....

    salam olahraga.....

     
  2. AlHa Admin On 14 April 2012 15.24

    TUHUN or TUBUH?
    HaHaHa...

     
  3. artvanovic kaspersky On 7 Desember 2012 15.23

    faktanya g ada bek indonesia yang hebat,,,hehehhe

     
  4. Risky Ananda On 5 Februari 2013 13.33

    Terimakasih atas masukan ny, semoga aku berhasil
    Salam Olahraga