Setelah puasa postingan selama seminggu, Soccer Blog langsung tancap gas dengan membuat 2 postingan terbaru. Postingan pertama yang baru dibuat adalah Formasi Dalam Bermain Sepak Bola dan selanjutnya postingan yang ini.
Dalam sepak bola banyak istilah dari trik atau peraturan dari sepak bola. Sekitar seminggu yang lalu, saya menulis postingan tentang Trik-Trik Bermain Sepak Bola yang juga terdapat istilah tentang sepak bola, tetapi kali ini saya akan membahas dengan lebih lanjut. Ini dia istilah - istilah dalam sepak bola :


1. Offside
Offside adalah istilah dalam sepak bola, mungkin yang paling banyak orang tahu, karena sering terjadi offside dalam suatu pertandingan. Terjadi offside ketika pemain team A berada pada di belakang pemain team B (dalam daerah team B) lalu dioper. Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan (jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif a.k.a pasif) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola. Jika pemain melanggar offside, team B pada perumpamaan diatas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.

2. Back Pass
Sejarah terbentuknya Back Pass sangat panjang. Salah satu alasan dibuat back pass karena kalau tidak ada peraturan ini, kiper dapat memegang bola dengan lama (contoh: Pada World Cup 1990, kiper Irlandia, Pat Bonner menggiring bola dan memegannya kembali selama 6 menit). Maka sejat tahun 1990 ditetapkan bahwa aturan ini sah. Kiper melanggar back pass pada saat Kiper memegang bola yang dioper oleh team nya menggunakan kaki. Jadi kalau menggunakan dada atau kepala mengoper kepada kiper, lalu kipernya menangkap bolanya, itu dibolehkan. Hukuman bila kiper melanggar back pass adalah Tendangan Bebas Tidak Langsung (Indirect Free Kick) yaitu tendangan yang tidak boleh diarahkan langsung ke gawang, tetapi harus diumpan ke teman dari tempat kejadian pelanggaran.

3. Tendangan First Time
Tendangan First Time adalah tendangan yang cukup ampuh dan mematikan, karena bola dapat bergerak liar dan susah dijangkau kiper. Biasanya tendangan first time adalah umpan atau bola muntah yang melambung atau juga bisa mendatar dan langsung ditendang ke gawan dengan keras, maka bolanya dapat bergerak liar.

4. Back Heel
Back Heel adalah trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.





5. Diving
Diving adalah  istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan pemain lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving. Untuk yang ketahuan melakukan diving, akan langsung dikenakan kartu kuning oleh wasit. Jika ketahuan melakukan diving yang mengakibatkan tim lawan kalah (misal: diving di kotak penalti sehingga mendapat penalti), akan diberikan sanksi.

6. Pertandingan Derby
Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
Contoh Pertandingan Derby :



  • Derby della Madonnina : AC Milan vs Inter Milan 








  • Derby della Capitale : AS Roma vs SS Lazio







  • Derby della Mole : Juventus vs Torino F.C.








  • Derby d'Italia : Juventus vs Inter Milan







  • Derby of Manchester : Manchester United F.C. vs Manchester City F.C.








  • Derby of Great London : Arsenal F.C. vs Chelsea F.C.







  • Derby of Merseyside : Liverpool F.C. vs Everton F.C.








  • North-West derby : Manchester United F.C. vs Liverpool F.C.







  • North London derby : Arsenal F.C. vs Tottenham Hotspur








  • El Clásico : Real Madrid vs FC Barcelona







  • Madrid derby : Real Madrid vs Atlético Madrid








  • El Derbi Barceloní : FC Barcelona vs RCD Espanyol





  • 7. Hattick & Quattrik
    Hattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan. Quattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan.

    8. Injury Time
    Injury Time adalah istilah perpanjangan waktu dalam sepak bola. Injury time diberikan saat ujung babak. Biasanya injury time berkisar antara 1-4 menit, ada yang lebih dari 4 menit, tetapi itu terjadi sebab waktu bermain terbuang karena suatu konflik atau kejadian tertentu.
    Share |

    Comments

    2 responses to "Istilah - Istilah Dalam Sepak Bola"

    1. Hafizh Anshori On 29 Maret 2013 pukul 20.53

      Cakep dah blognya

       
    2. Aku aja On 19 Oktober 2015 pukul 11.32

      Dan Quattick julukan untuk Neymar Jr baru-baru ini >> http://www.supersoccer.co.id/sepakbola-internasional/neymar-masuk-jajaran-penyerang-elit-barcelona/